Monday, March 9, 2020

Contoh Essai


Pengaruh IPTEK

    IPTEK merupakan kepanjangan dari Ilmu Pengetahuan Teknologi Dan Komunikasi. Menurut Wikipedia,IPTEK adalah suatu sumber  informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan ataupun wawasan seseorang dibidang teknologi.Zaman semakin berkembang dan teknologi semakin canggih.Sehingga,teknologi sudah menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting pada zaman sekarang.Akibat perkembangan teknologi semakin berkembang setiap harinya hampir semua aktivitas yang kita lakukan memerlukan iptek.Semua yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari juga berasal dari iptek contohnya seperti pakaian, peralatan rumah tangga,peralatan sekolah,dll. Kehidupan manusia pada saat ini sangat melekat dengan iptek dan seperti tidak dapat dipisahkan karena keberadaan iptek yang sangat membantu dan memudahkan pekerjaan manusia.Hal ini yang membuat kita menjadi ketergantungan terhadap teknologi.
   Kecanggihan berbagai teknologi sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang di kehidupan kita.Dengan adanya iptek,kehidupan manusia juga akan lebih berkembang,maju dan bisa  menciptakan berbagai hal baru.Berkembangnya teknologi semakin pesat,pekerjaan apapun bisa lebih mudah dengan kecanggihan teknologi yang ada saat ini .Memanfaatkan teknologi akan banyak manfaat yang bisa didapatkan.Dampak perkembangan dari iptek secara garis besar sangatlah berpengaruh bagi kegiatan manusia.Seperti masyarakat dahulu sebelum mengenal iptek kesulitan untuk mendapatkan sarana.Mulai dari,alat komunikasi yang pada waktu itu hanya orang yang tertentu saja yang dapat menggunakan handphone.Namun,zaman sekarang iptek sudah berkembang.Alat-alat komunikasi seperti handphone,internet,laptop tidak hanya dimiliki orang-orang tertentu saja.Bahkan orang biasa hingga anak kecil sudah mempunyai dan pandai menggunakan alat komunikasi tersebut dengan pandai.
   Walaupun,perkembangan iptek semakin berkembang pesat dari tahun ke tahun,pengaruh iptek sangatlah besar.Pengaruh iptek memiliki dampak positif dan negatif.Adapun dampak positif dari iptek,yaitu:mempermudah pekerjaan manusia,membantu pemasaran bisnis online,membantu pelajar untuk mendapatkan informasi yang lebih luas,dll.Dampak negatif atau penyalahgunaan iptek,yaitu:membuat kita tidak menjadi malas,pengunaan gadget secara berlebihan,video atau situs terlarang yang menyebar luas,penipuan meraja lela,prostitusi online.Hal itu tergantung orang yang menyikapi atau menggunakan teknologi secara baik atau tidak.Apabila kita pandai menggunakan teknologi dengan baik dan benar maka akan memberikan dampak positif pula.Begitupun sebalikny,jika teknologi di informasi atau iptek disalahgunakan tentu  akan memberikan dampak yang buruk.Sebagian besar generasi muda sekarang terkadang salah dalam menggunakan teknologi.
  Anak zaman sekarang atau sering kita sebut dengan generasi millenial.Menurut penelitian pada tahun 2019 hampir sekitar kurang lebih 70% generasi millenial menggunakan teknologi dengan tidak baik.Mereka bermain game sampai berjam-jam hingga tidak ingat waktu.Mereka juga menjadi malas dan tidak mau berusaha karena dengan adanya teknologi seperi handphone,mereka tinggal mensearching apa yang ingin mereka cari melalui internet.Seharusnya,sebagai orang tua juga harus mengawasi atau mengontrol anak-anaknya dalam bermain gadget karena jika mereka tidak diawasi,mereka akan bermain gadget dengan sepuas mungkin.Hal itu membuat anak millenial malas untuk membuka bahkan membaca buku,karena mendapatkan semua informasi dengan instan. .
  Padahal semua informasi yang ada di internet belumlah tentu semua kebenarannya.Ada informasi hoax ada pula berita yang nyata,tergantung kita memilah informasi yang akan kita cari.Oleh karena,hati-hatilah dalam membaca dan memilih informasi.Jangan sampai kita percaya akan informasi-informasi hoax yang beredar.Dan janglah kita membuat atau ikut menyebarkan berita hoax,karena itu dapat merugikan salah satu pihak.Jika kita menyebarkan berita-berita yang belum tentu kepastiannya dan merugikan salah seorang pihak,maka kita dapat dihukum atau dipidana sesuai peraturan yag ada.
   Tetapi hamper tidak semua anak millennial menggunakan iptek sebagai dampak negative.Sebagian dari mereka menggunakan  iptek untuk mempermudah metode pembelajaran.Contohnya ketika kita mencari tugas sekolah, lebih efektif dan lebih lengkap kita mencari bahan pembelajaran itu di internet. Selain itu, kita bias mencari berbagai referensi bacaan seperti: Jurnal, Esai, dll. Selain media pembelajaran tugas sekolah, kita dapat mencari pembelajaran lainnya. Seperti cara memasak, metode melukis, karya-karya kreativitas baik dalam negeri dan luar negeri. Takjarang juga, ketika kita merasa bosan dan jenuh, kita bias mencari hiburan dari internet, seperti kumpulan video lucu yang membuat kita terhibur. Iptek juga dimanfaatkan sebagian orang untuk mencari pekerjaan atau sebagai pekerjaan, misalnya vlogger ataupun blogger. Kita juga tidak ketinggalan dengan berita-berita internasional yang hangat diperbincangkan di dunia. Selain itu, dari iptek juga kita akan saling berkompetisi dalam menunjukkan karya-karya kreativita santar negara.
Badan Pusat Statistik (BPS) merilis perkembangan pembangunan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia di tahun 2016. Disparitas antara  wilayah barat dan timur menyebabkan peringkat Indonesia berada di urutan 111 dari 176 negara dengan indeks sebesar 4,34.Berdasarkan data International Telecommunication Union (ITU), di kawasan Asia Tenggara, Indonesia hanyaberada di atas Kamboja, Timor Leste, dan Myanmar. Indeks pembangunan teknologi Indonesia masih kalah Singapura memiliki nilai 8,05, Malaysia 6,38, Brunei Darussalam 6,75, Filipina 4,67, dan Vietnam 4,43.Meski begitu, Suhariyanto yang biasa dipanggil Kecuk mengungkapkan, survei yang dilakukan BPS mencatat kenaikan peringkat Indonesia dibandingkan 2015. Indonesia masuk kedalam 10 besar negara paling dinamis dengan kenaikan indeks TIK dari 3,85pada 2015 menjadi 4,33 pada 2016. Penghitungan pembangunan teknologi menggunakan 11 indikator dengan 3 subindeks, yaitu akses dan infrastruktur, penggunaan, dankeahlian. Akses dan infrastruk turun naik dari 4,81menjadi 4,88 dan keahlian meningkat dari 5,38 menjadi 5,54.
  Oleh karena itu,perkembangan IPTEK dari tahun ke tahun berkembang semakin pesan.Perkembangan IPTEK sangatlah bermanfaat karena membantu mempermudah pekerjaan manusia.Tetapi perkembangan IPTEK tidaklah selalu membawa dampak positif melainkan juga membawa dampak negatif,tergantung kepada kita.Jika kita memakai IPTEK secara berlebihan dan tidak bisa mengkondisikannya,maka dampak yang kita peroleh ialah dampak negatif.Tetapi jika kita menggunakannya dengan bijak,maka yang kita peroleh dampak positif. Oleh karena itu,sebaiknya bagi kita pengguna IPTEK haruslah berhati-hati dalam menggunakan iptek,karena jika kita menggunakan secara berlebihan dapat menyebabkan kecanduan.Kecanduan Iptek dapat membuat kerusakan pada bagian mata dan otak,tidak menggunakan waktu sebaik mungkin,membuat menjadi malas.Marilah kita saling mengingatkan satu sama lain agar orang-orang disekeliling tidak terkena dampak tersebut!.

No comments:

Post a Comment